Senin, 30 Mei 2011

MENGATASI KESULITAN TIDUR SEMASA HAMIL


Pada dasarnya tips berikut saya cari dan saya aplikasikan sendiri dari berbagai sumber, banyak sekali tips-tips yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi kesulitan tidur Selama kehamilan. Namun berikut ini sedikit ringkasan tips yang pernah saya praktekkan sendiri semasa hamil dulu

Selama masa kehamilan ibu seringkali mengalami keluhan sulit tidur. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satu diantaranya yang sering dialami adalah, perubahan fisik dan hormonal selama masa kehamilan, rasa kegelisahan akan kehadiran dan perkembangan si jabang bayi dalam tubuh ibu yang semakin membesar dan membatasai aktivitas kita sehari-hari. Berikut adalah tips sederhana untuk mengatasi kesulitan tidur yang mungkin bisa sedikit membantu.

§ Menciptakan suasana nyaman dengan tepat sebelum tidur

Langkah konkritnya bisa dengan penggunaan pencahayaan lembut di ruangan tempat kita tidur/beristirahat, meminum segelas minuman hangat yang tidak mengandung soda/kafein sebelum tidur, mandi dengan air hangat atau membaca koleksi buku baru kesukaan anda.

§ Sedikit pijatan lembut sebelum tidur

Hal ini bisa dilakukan bersama pasangan anda menjelang tidur, selain untuk menghangatkan hubungan anda dengan pasangan anda pastinya merasa lebih rileks dan santai karena pasangan anda memberikan perhatian lebih.

§ Berendam dengan air hangat

Hal ini bisa lebih sering dilakukan ketika usia kehamilan sudah bertambah besar, pasalnya berendam dalam air hangat akan mengurangi tingkat stress yang dialami. Selain itu ibu juga bisa melakukan sedikit latihan atau gerakan sederhana yang bisa bermanfaat secara fisiologis bagi ibu hamil khususnya mengatasi sulit tidur, atau setidaknya bisa mengurangi pembekakan pada kaki, dan kejang perut yang sering terjadi pada kehamilan tahap akhir.

§ Memperbanyak waktu beristirahat

Hal ini menjadi salah satu jalan untuk mengurangi rasa kecemasan kita saat mendekati persalinan, menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas ringan yang tidak menguras fisik. Tujuannya adalah agar kualitas tidur yang didapat pun masih proporsional. Bisa dengan mengatur posisi tubuh yang baik saat tidur, maupun menggunakan bantal hamil sebagai bantuan kenyamanan.

§ Senam hamil atau yoga

hal ini bisa mengurangi rasa pegal/kram yang sering terjadi pada ibu yang sudah mendekati waktu persalinan. Namun jika dokter kandungan anada merasa aktivitas/latihan inimembahayakan kondisi janin dengan berbagai faktor, lebih baik anda melakukan meditasi sederhana namun berdampak positif sama.

§ Berkonsultasi dengan dokter kandungan anda

Jika masalah kesulitan tidur yang masih terus saja terjadi dan menjadi hal yang serius, tidak ada salahnya anda menanyakan hal ini kepada dokter dan meminta solusi yang terbaik.

Dari semua uraian di atas hal terpenting yang utama adalah menanamkan kesadaran terlebih dahulu bahwasanya menjaga kehamilan agar tetap baik dan sehat merupakan hal terpenting. Syukuri dan nikmati keadaan kita pada saat itu, karena moment penting itu hanya berlangsung singkat dan tidak semua wanita bisa mendapatkannya

Selamat berbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRISIS EKONOMI TINJAUAN EKONOMI ISLAM

                                              Dari kacamata ekonomi islam, sebuah krisis tidak hanya dilihat dari segi kuantitatif atau...